Pencantuman Gelar/Peningkatan Pendidikan

UMUM

Berdasar surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 4 Tahun 2013 dijelaskan bahwa untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil (PNS) berbasis kompetensi, perlu dilakukan pengembangan PNS melalui pendidikan berkelanjutan dalam bentuk pemberian tugas belajar dan izin belajar.

Selanjutnya bagi Pegawai Negeri Sipil yang mendapatkan gelar melalui ijin belajar/tugas belajar dapat diberikan Pencantuman Gelar apabila pangkat yang yang dimiliki sesuai dengan Pendidikan yang diperoleh berdasarkan peraturan yang berlaku.

KETENTUAN UMUM

  1. Pegawai Negeri Sipil yang memiliki ijazah Sarjana (S.1)/Diploma IV (D.IV), pangkat Pengatur Tingkat I golongan ruang II/d dan masa kerja pangkat terakhir minimal 3 tahun 6 bulan diusulkan pencantuman gelar sebelum diusulkan kenaikan pangkatnya menjadi Penata Muda golongan ruang III/a berdasarkan peraturan yang berlaku.
  2. Kenaikan pangkat bagi pejabat fungsional yang memperoleh ijazah lebih tinggi agar terlebih dahulu diusulkan pencantuman gelar sebelum dilakukan penilaian/penetapan angka kredit.
  3. Pencantuman Gelar Akademik/Peningkatan Pendidikan diberikan melalui mekanisme :
    1. Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil; atau
    2. Pengajuan Pencantuman Gelar/Peningkatan Pendidikan
  4. Pencantuman Gelar Akademik/Peningkatan Pendidikan dapat diajukan pada saat Pegawai Negeri Sipil telah ditetapkan dalam pangkat/golongan paling rendah :
    1. Juru (I/c), untuk jenjang SLTP Sederajat atau pangkat Juru Muda Tingkat I golongan ruang I/b dan masa kerja pangkat terakhir minimal 3 tahun 6 bulan sebelum diusulkan kenaikan pangkatnya menjadi Juru golongan ruang I/c berdasarkan peraturan yang berlaku
    2. Pengatur Muda (II/a), untuk jenjang SLTA Sederajat atau pangkat Juru Tingkat I golongan ruang I/d dan masa kerja pangkat terakhir minimal 3 tahun 6 bulan sebelum diusulkan kenaikan pangkatnya menjadi Pengatur Muda golongan ruang II/a berdasarkan peraturan yang berlaku.
    3. Penata Muda (III/a), untuk Jenjang Sarjana (S.1)/Diploma IV (D.IV) atau pangkat Pengatur Tingkat I golongan ruang II/d dan masa kerja pangkat terakhir minimal 3 tahun 6 bulan sebelum diusulkan kenaikan pangkatnya menjadi Penata Muda golongan ruang III/a berdasarkan peraturan yang berlaku.
    4. Penata Muda Tingkat I (III/b), untuk jenjang Strata 2 (S.2) Sederajat atau pangkat Penata Muda golongan ruang III/a dan masa kerja pangkat terakhir minimal 3 tahun 6 bulan sebelum diusulkan kenaikan pangkatnya menjadi Penata Muda Tingkat I golongan ruang III/b berdasarkan peraturan yang berlaku.
    5. Penata (III/c), untuk jenjang Strata 3 (S.3) Sederajat atau pangkat Penata Muda Tingkat I golongan ruang III/b dan masa kerja pangkat terakhir minimal 3 tahun 6 bulan sebelum diusulkan kenaikan pangkatnya menjadi Penata golongan ruang III/c berdasarkan peraturan yang berlaku.
  5. Pengajuan Pencantuman Gelar Akademik/Peningkatan Pendidikan bagi Pegawai Negeri Sipil dengan ijasah Dalam Negeri, dengan dilampiri dokumen sebagai berikut :
    1. Surat Pengantar dari Kepala Instansi
    2. Fotokopi Surat Keputusan Kenaikan Pangkat terakhir
    3. Fotokopi Surat Keputusan pengangkatan dalam jabatan terakhiR
    4. Fotokopi Surat Tugas Belajar yang telah disahkan/ Fotokopi Surat Izin Belajar
    5. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang pada Institusi/Lembaga Pendidikan terkait sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku
    6. Dokumen yang menerangkan Status Akreditasi Program Studi dengan Akreditasi paling kurang B dari Lembaga yang berwenang atau Sertifikasi Akreditasi Memenuhi Peringkat Akreditasi Baik Sekali dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi
  6. Pengajuan Pencantuman Gelar Akademik/Peningkatan Pendidikan bagi Pegawai Negeri Sipil dengan ijazah luar negeri dengan dilampiri dokumen sebagai berikut:
    1. Surat Pengantar dari Kepala Instansi
    2. Fotokopi Surat Keputusan Kenaikan Pangkat terakhir
    3. Fotokopi Surat Keputusan pengangkatan dalam jabatan terakhir
    4. Fotokopi Surat Tugas Belajar yang telah disahkan/ Fotokopi Surat Izin Belajar
    5. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang pada Institusi/Lembaga Pendidikan terkait sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku
    6. Fotokopi Surat Keputusan penyetaraan Ijazah Luar Negeri dari Kementerian yang membidangi urusan pendidikan yang telah disahkan oleh Pejabat Yang Berwenang sesuai ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku.
  7. Proses Pencantuman Gelar Akademik/Peningkatan Pendidikan bagi Pegawai Negeri Sipil dilakukan dalam 2 (dua) periode, yaitu Periode I (bulan Mei) dan Periode II (bulan
    Desember)
  8. Dokumen usulan Pencantuman Gelar/Peningkatan Pendidikan disusun sebanyak 2 (dua) rangkap dan kesemuanya telah dilegalisasi oleh Pejabat yang berwenang dengan menggunakan tanda tangan dan cap basah