BKPP Kabupaten Kulon Progo Kembali Laksanakan Ujian Dinas secara CBT

Hari ini Selasa (27/10), BKPP Kabupaten Kulon Progo tengah menyelenggarakan Ujian Dinas Tingkat I bagi PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Ujian bertempat di Ruang Pelatihan Komputer Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo, dan diikuti oleh 22 orang PNS yang berasal dari berbagai OPD. Pelaksanaan ujian dibagi dalam 3 (tiga) sesi, dengan alokasi waktu ujian 90 menit per sesi.

Lulus Ujian Dinas Tingkat I merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh seorang PNS Golongan Ruang II/d yang akan diusulkan kenaikan pangkat ke Golongan Ruang III/a. Materi soal ujian dinas ini, sebagaimana telah diatur dalam Surat Edaran Bersama Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara dan Ketua Lembaga Administrasi Negara Nomor 12/SE/1981dan193/Seklan/S/1981 Tanggal 7 Juli 1981 Tentang Pelaksanaan Ujian Dinas, anatara lain Pancasila, UUD 1945, Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Peraturan Kepegawaian, Kode Etik PNS, Perkantoran, SOTK dan Pengetahuan Substantif, Bahasa Indonesia serta Sejarah Indonesia. Sebelum pelaksanaan ujian, terlebih dahulu para peserta ujian telah dibekali materi-materi dimaksud.

Kepala Sub Bidang Kepangkatan Bidang Mutasi BKPP, Rokhadi Indratma, menuturkan bahwa ujian dinas tahun ini pelaksanaannya berbasis komputer (Computer Based Test). Dan ini bukan yang pertama kali dilaksanakan, mengingat pada tahun 2019  ujian dinas juga dilaksanakan secara CBT. Pelaksanaan ujian secara CBT ini dinilai lebih praktis, cepat dan transparan. Hal ini tentu saja juga dimaksudkan agar kita bisa tetap mengikuti arus perkembangan teknologi di era yang serba digital dan daring ini.