Optimalisasi Kualifikasi Pendidikan pada Pelamar CPNS, BKN Akan Siapkan SE

Pada hari Rabu (29/03/20) Badan Kepegawaian Negara (BKN) menggelar rapat koordinasi secara tele conference dalam rangka penyusunan Surat Edaran (SE) mengenai kualifikasi pendidikan pada pelamaran CPNS, Khususnya pada perumpunan Program Studi (Prodi) yang sedang disusun oleh Pusrenpegfor BKN saat ini.

Diketahui bersama bahwa, seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan ilmu pengetahuan, saat ini diketahui hampir terdapat 2000 nama prodi dari 5 rumpun ilmu yang ada di Indonesia, dan seiring dengan perkembangan zaman ini pula maka bermunculan nama-nama prodi baru yang mendukung era 4.0. Selanjutnya untuk menentukan kesusuaian kualifikasi pendidikan dengan jabatan yang dilamar dapat juga mengacu pada kesuaian prodi , capaian pembelajaran lulusan (CPL), Surat keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) serta level dari kerangka kualifikasi nasional Indonesia, ungkap Aris Junaidi (Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan) yang hadir sebagai narasumber dari Derektorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

SE yang sedang disiapkan ini, rencana akan selesai pada akhir bulan Mei 2020. Dengan Lahirnya SE ini, diharapkan dapat membantu Instansi Pemerintah dalam meminimalisir permasalahan kualifikasi pendidikan yang mutitafsir pada penyeleksian administrasi pelamaran CPNS.

 

Sumber : https://www.bkn.go.id/berita/optimalisasi-kualifikasi-pedidikan-pada-pelamaran-cpns-bkn-siapkan-se