BKPP KULON PROGO LAKSANAKAN PEMBINAAN JABATAN FUNGSIONAL BAGI GURU

Kamis (30/11) Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Kulon Progo selenggarakan kegiatan pembinaan jabatan fungsional bagi guru dengan tema “Pengembangan Profesi Penulisan Karya Tulis Ilmiah”. Acara ini dibuka oleh Kepala BKPP Kabupaten Kulon Progo dan diikuti oleh 35 orang guru SD dan SMP di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Dalam sambutannya, Kepala BKPP Kabupaten Kulon Progo, Dra. Yuriyanti, MM., menuturkan bahwa para peserta pembinaan diharapkan dapat memanfaatkan kegiatan ini semaksimal mungkin guna pengembangan profesinya sebagai guru.

Kabid Mutasi BKPP, Suryantoro, SIP., M.Si. dalam laporannya juga menyampaikan bahwa dengan diberlakukannya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, maka minimal seorang guru yang naik pangkat ke Golongan Ruang IIIc harus mampu mengumpulkan 4 poin angka kredit dari unsur penulisan karya tulis ilmiah. Sehubungan hal tersebut maka kagiatan pembinaan jabatan fungsional yang difokuskan pada pengembangan profesi penyusunan karya tulis ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan memotivasi para guru dalam penyusunan karya tulis ilmiah.

Kegiatan pembinaan ini mengahadirkan beberapa narasumber yang sangat kompeten di bidangnya masing-masing, yakni Dra. Singgh Trihasturi, M.Pd. (Widyaisawara LPMP DIY), Dr. Kastam Syamsi, M.Ed. (Dosen Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia – UNY) serta Sugeng Widadi, S.Pd., M.Pd.Si. (Kepala SMPN 3 Samigaluh). Berikut selengkapnya materi pembinaan jabatan fungsional hari ini.

1. Materi 1-2-4

2. Materi 3