BKD Kabupaten Kulon Progo Laksanakan Ujian Sertifikasi Ahli PBJP dengan Mekanisme CAT

Hari ini Sabtu (24/09) sejumlah 50 orang PNSD di lingkungan Pemkab Kulon Progo tengah mengikuti Ujian Sertifikasi Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJP) dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Lokasi ujian bertempat di Laboratorium Komputer SMK Negeri 1 Pengasih. Sebelum melaksanakan ujian, para peserta ujian telah mengikuti pelatihan PBJP yang dilaksanakan selama 5 hari (19 s.d. 23 September 2016) di Wisma Kusuma Hotel, Jalan Lingkar Pasar No. 1 Wates Kulon Progo.

Seluruh pelaksanaan Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Ahli PBJP ini difasilitasi oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP-RI), mulai dari kurikulum, bahan ajar, narasumber hingga pelaksanaan ujian CAT. Pelaksanaan Ujian CAT hari ini (24/09), dipandu langsung oleh Pengawas Ujian dari LKPP-RI, Dwi Hendri Cahyadi. Ujian sertifikasi ahli PBJP dilaksanakan dalam 2 sesi, masing-masing sesi diikuti 25 orang peserta. Hendri menuturkan bahwa setiap sesi ujian akan berlangsung selama 2 jam, dan setelah selesai, para peserta akan langsung mengetahui hasilnya di layar komputer, lulus atau tidak lulus. Bagi peserta yang dinyatakan lulus akan menerima Sertifikat Ahli Pengadaan Barang/Jasa dari LKPP-RI.

Kepala Sub Bidang Diklat Prajabatan Teknis Fungsional-BKD, Sari Wulandari, SH. MM., menuturkan bahwa Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Ahli PBJP ini secara khusus bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kompetensi dan sikap para PNS yang mengampu ketugasan pengadaan barang/jasa pemerintah, berdasar pada Peraturatn Presiden Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah beserta perubahannya. Pelaksanaan Ujian Sertifikasi Ahli PBJP ini diharapkan angka kelulusan pesertanya tinggi, sehingga dapat memenuhi tuntutan kebutuhan PNSD yang memiliki Sertifikat Pengadaan Barang/Jasa di Kabupaten Kulon Progo.