Pemkab Kulon Progo Hadirkan Kemenpan-RB, KPK dan BKN dalam rangka Peningkatan Kapasitas Aparatur Pejabat Eselon IVa

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas aparatur yang ada di lingkungannya. Hari ini Rabu, 11 Nopember 2015, giliran Pejabat Struktural Eselon IVa yang berkesempatan untuk mengikuti Workshop Peningkatan Kapasitas Aparatur, dengan tema “Good & Clean Governance”. Selain menghadirkan 394 orang Pejabat Struktural Eselon IVa di lingkungan Pemkab Kulon Progo, workshop juga menghadirkan Sekda beserta jajarannya serta seluruh Kepala SKPD sebagai tamu undangan. Workshop ini merupakan yang keempat kalinya diselenggarakan oleh Pemkab Kulon Progo, dimana sebelumnya telah dilaksanakan tiga kali workshop dengan tema dan narasumber yang berbeda-beda. Workshop kali ini mengahadirkan beberapa narasumber, antara lain Drs. Yanuar Ahmad, MPA (Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Sistem Kelembagaan dan Tata Laksana – Kemenpan RB), Bey Arifianto (Komisi Pemberantasan Korupsi) dan Dr. Purwanto (Kantor Regional I BKN Yogyakarta), dan dibuka langsung oleh Bupati Kulon Progo.

 

Sebelum membuka workshop secara resmi, terlebih dahulu Bupati Kulon Progo, dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) menyampaikan paparanya terkait materi Merit System. Melalui Merit System, Bupati Kulon Progo mengharapkan terciptanya profesionalisme dan netralitas yang berujung pada peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Pasca pembukaan oleh Bupati workshop dilanjutkan dengan paparan dari narasumber, dengan dipandu oleh Ir. Aswin Eka Adhi, Msi dari BKN Kanreg I bkn Yogyakarta. Diawali dengan penyampaian UU No. 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan, kemudian dilanjutkan dengan paparan dari KPK dan terakhir paparan dari Kepala Kanreg I BKN Yogyakarta, DR. Purwanto. Secara keseluruhan, materi-materi yang disampaikan oleh para narasumber adalah tentang bagaimana mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan transparan. Sebagaimana yang dikemukaan oleh Drs. Yanuar Ahmad, MPA, bahwa melalui UU No. 30 Tahun 2014, diharapkan akan terjadi perubahan mindset dan culture aparatur penyelenggara pemerintahan sehingga dapat terwujud sistem penyelenggaraan pemerintahan yang lebih modern dan pemerintahan yang baik.

 

Sebagai penutup workhop, disampaikan oleh Asisten Perekonomian Pembangunan dan SDA kepada para peserta workhop, bahwa untuk selanjutnya mereka dihimbau untuk menyusun makalah terkait materi workshop, untuk dipresentasikan di hadapan tim penilai di bulan Desember besok.