BKD Kab. Kulon Progo Tingkatkan Kompetensi Pejabat Akuntansi SKPD Melalui Pelatihan Keuangan Daerah

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo kembali berupaya meningkatkan kompetensi aparaturnya melalui pelaksanaan pelatihan pengelolaan keuangan daerah. Pelatihan tersebut dibuka hari ini (02/11/2015) oleh Wakil Bupati Kulon Progo bertempat di Wildlife Rescue Centre (WRC) Jogja yang berlokasi di Paingan, Sendangsari, Pengasih, Kulon Progo. Pelatihan ini terselenggaran atas fasilitasi dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI. Lebih lanjut, pelatihan ini merupakan amanah dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2013 tentang Penerapan Sistem Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual pada Pemerintah Daerah.

Dalam laporannya, Kepala BKD Kabupaten Kulon Progo, Dra. Yuriyanti, MM menyampaikan bahwa Pelatihan diikuti oleh 30 orang petugas akuntasi SKPD di lingkungan Pemkab Kulon Progo, dan dimulai hari ini Senin, 2 Nopember 2015 dan akan dilaksanakan selama 5 hari ke depan, sampai dengan tanggal 6 Nopember 2015. Secara umum, pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat kinerja pelaporan keuangan pemerintah daerah, yakni melalui peningkatan sumber daya aparaturnya. PNSD yang mengampu ketugasan pelaporan akuntansi keuangan daerah diharapkan mampu menyusun laporan keuangan pemerintah daerah, yang meliputi langkah analisis dan pencatatan transaksi, pencatatan penyesuaian akhir tahun, posting ke buku besar, penyusunan neraca saldo setelah penyesuaian, dan berakhir dengan laporan keuangan.

 

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo menuturkan bahwa, “tahun 2014 Kabupaten Kulon Progo dalam hal Evaluasi Kinerja Pemerintah Daerah sudah mendapatkan peringkat pertama, dan tahun 2013 Pemkab Kulon Progo juga telah mendapatkan predikat WTP”. Oleh karen itu Wabup mengajak semua peserta pelatihan memanfaatkan sebaik mungkin kesempatan mengikuti pelatihan ini untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya guna mempertahankan pencapaian Pemkab Kulon Progo tersebut.