Asisten Administrasi Buka Diklat Verifikator Keuangan

Pada hari Senin tanggal 21 April 2015 Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kulon Progo kembali melaksanakan Pembukaan  Diklat Teknis Verifikator Keuangan  Tahun 2015. Diklat Teknis Verifikator Keuangan dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kab. Kulon Progo Bapak Drs.Djoko Kus Hermanto, M.M mewakili Wakil Bupati Kulon Progo dan didampingi oleh Dra. Yuriyanti M.M selaku Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kulon Progo. Diklat  diikuti oleh 50 orang peserta yang merupakan para verifikator keuangan SKPD di lingkungan Pemkab Kulon Progo.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kulon Progo, disebutkan bahwa Diklat Teknis Verifikator Keuangan akan dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari, yakni tanggal 20 s.d. 28 April 2015 bertempat di Wildlife Rescue Centre, Pengasih. Materi diklat meliputi 50 JPL, sedangkan tenaga pengajar merupakan para Pejabat Struktural di lingkungan Pemkab Kulon Progo yang mengampu ketugasan pengelolaan dan penatausahaan keuangan, serta dari Kantor Pajak Pratama Wates.

Sedangkan dalam sambutannya, Bapak Asisten Administrasi Umum pertama-tama menyampaikan ucapan selamat datang khususnya kepada peserta diklat. Beliau juga menyampaikan bahwa verifikator keuangan merupakan pintu gerbang pertama yang bertanggungjawab pada sah tidaknya serta lengkap tidaknya dokumen SPJ beserta kelengkapannya.

Disampaikan pula pengelolaan keuangan daerah yang baik merupakan salah satu unsur pendukung dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.  Guna mewujudkan pengelolaan keuangan yang baik, setiap SKPD harus memiliki tim pengelolaan dan penatausahaan keuangan yang solid serta di dalamnya terdapat sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya. Salah satu anggota tim pengelolaan dan penatausahaan keuangan SKPD adalah verifikator keuangan, yang mempunyai tugas dan fungsi membantu Bendahara Pengeluaran dalam memverifikasi laporan pertanggungjawaban APBD.