Bupati Kulon Progo Buka Secara Resmi Ujian CPNS Honorer K II

Minggu (03/11) pukul 07.15 WIB ujian CPNS jalur tenaga honorer kategori II Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dibuka secara resmi oleh Bupati Kulon Progo dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis soal ujian dan Lembar Jawaban Komputer (LJK) kepada pengawas ruangan. Acara pembukaan tersebut dihadiri pula oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo, Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo, Asisten Administrasi Umum, Inspektur Daerah  Kabupaten Kulon Progo, Kepala BKD Kabupaten Kulon Progo, Kepala DPPKA, Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan BPKP Perwakilan DIY.

Dalam laporan penyelenggaraannya, Kepala BKD menyampaikan agar semua peserta berhati-hati terhadap berbagai macam model penipuan yang mengatasnamakan pejabat atau pihak-pihak yang dapat membantu para peserta untuk lolos dalam ujian CPNS ini. Hal tersebut kembali ditegaskan oleh Bupati Kulon Progo dalam sambutannya. Lebih lanjut Bupati juga berpesan agar para peserta berusaha sebaik mungkin sehingga dapat lolos dalam ujian ini, mengingat kondisi Pemerintah Kabupaten Kulon Progo saat ini yang kekurangan pegawai akibat adanya kebijakan moratorium PNS dan PNS yang memasuki pensiun sejumlah kurang lebih 300 orang di setiap tahunnya.

Ujian CPNS jalur tenaga honorer kategori II dilaksanakan di SD N 4 Wates dengan jumlah peserta sebanyak 242 orang. Para peserta akan mengikuti 2 tahap ujian, tahap pertama yaitu peserta akan mengerjakan soal Tes Kemampuan Dasar (TKD) dimulai dari pukul 08.00 WIB – 11.00 WIB, kemudian  pada tahap kedua peserta akan mengerjakan soal Tes Kemampuan Bidang (TKB) yang dimulai pada pukul  12.30 – 14.00 WIB. Menurut keterangan beberapa peserta, dalam tahap pertama peserta diberikan soal Tes Kemampuan Dasar yang berjumlah 180 soal. Dari keterangan yang kami himpun, beberapa peserta menyatakan sedikit kesulitan dalam menjawab soal-soal tersebut yang menyebabkan peserta kehabisan waktu untuk mengerjakan dan mengisi lembar LJK. Namun demikian peserta tetap merasa optimis bahwa mereka akan bisa lolos dalam ujian CPNS jalur honorer kategori II ini.

Dalam ujian tahap ke dua yaitu Tes Kemampuan Bidang (TKB), didapati ada satu peserta ujian yang mengalami sakit, hal tersebut langsung di mendapat respon dan penanganan medis yang telah disiapkan oleh pihak panitia dan atas persetujuan dari pihak panitia dan pengawas ujian kepada yang bersangkutan diperkenankan untuk mengerjakan soal ujian tersebut sambil berbaring di ruang kesehatan yang telah disediakan oleh pihak panitia dengan tetap memperoleh pengawasan dari petugas medis dan pengawas ujian.

Secara umum penyelenggaraan ujian tidak mengalami kendala yang berarti. Persoalan yang ditemui berkisar pada soal ujian yang beberapa di antaranya tidak lengkap jumlah halamannya. Hal tersebut dapat segera diatasi oleh para pengawas ujian, dengan memberikan soal cadangan yang telah disediakan dalam setiap amplop soal yang segelnya dibuka oleh pengawas ujian langsung di depan para peserta ujian.