Peserta K-2 Dihimbau Bawa Alas Tulis Dan Cermat Memilih Pensil 2B

Dengan semakin dekatnya Tes Tertulis CPNS Jalur tenaga Honorer Kategori 2 dimana pelaksanaan ujian dengan menggunakan Lembar Jawaban Komputer, Panitia menghimbau kepada peserta untuk membawa papan/alas tulis dan cermat dalam memilih pensil 2B. Ketelitian dalam mengerjakan soal ujian perlu ditekankan kepada peserta ujian. Demikian diungkapkan Sri Agung Pangarso, Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Pengadaan Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kulon Progo.

Dikatakan Agung bahwa papan/alas tulis ini dapat digunakan untuk lebih memudahkan pengisian Lembar Jawaban Komputer (LJK). Sementara itu, ketelitian juga merupakan faktor yang harus diperhatikan, termasuk diantaranya ketika memilih pensil 2B. Banyak artikel di internet tentang tips memilih pensil 2B ini. Diantaranya yang dikutip dari situs okezone.com bahwa pensil 2B yang baik adalah yang telah lulus OMR Test/Scan Test. Dapat dipastikan, isi pensil dengan sertifikasi OMR Test ini mengandung campuran yang sempurna sebagai pensil 2B dari ujung ke ujung.

Selain itu, pastikan isi pensil berkilau. Kilau ini menandakan bulatan pada lembar jawaban akan lebih jelas dan lebih mudah dibaca scanner.  Tidak hanya itu, ujung isi pensil 2B asli akan berwarna hitam pekat. Ujung isi pensil 2B yang berwarna keputih-putihan bisa dipastikan palsu. Tanda lain yang perlu diperhatikan adalah logo dan tulisan lain pada badan pensil.  Jika logo, merek, atau tulisan lain di badan pensil pudar, maka besar kemungkinan itu adalah pensil palsu. Pensil 2B asli akan mencantumkan logo dan tulisan lain dengan cetakan yang jelas dan tegas. Dari segi pemakaian, pensil 2B palsu akan terasa keras jika dipakai, dan goresannya pun tidak begitu hitam. Sementara itu, pensil 2B asli tidak terasa keras dan hasil goresannya hitam dan jelas.

Selain Papan/Alas Tulis dan pensil 2B, Agung mengingatkan kepada peserta untuk tidak lupa membawa peralatan tulis lain diantaranya penghapus, rautan, bollpoint warna hitam, serta kartu tanda ujian dan KTP/SIM.

Foto : google.co.id