Tim Ekspedisi BKD Taklukkan Puncak Merapi

Dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo yang ke 62, Tim Pendaki Gunung BKD pada hari Minggu, 20 Oktober 2013 kemarin sukses menaklukan Puncak Merapi. Tim yang terdiri dari Bapak Sunaryo, Agus Supriyanta, Alif Romdhoni, Wahyu SA dan Sangadi berangkat dari Jalur Selo. Tujuan Tim adalah mengucapkan selamat Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo melalui banner yang telah disiapkan oleh Tim Pendaki BKD di Puncak Merapi.

Rombongan berangkat dan dilepas oleh Kepala BKD, Drs Djulistyo pada hari Sabtu, 19 Oktober 2013 pukul 15.00 WIB. Dalam sambutan, Djulistyo berpesan kepada Tim untuk senantiasa berdoa dan berusaha secara maksimal dan sungguh-sungguh dalam perjalanan ini. “Saya sebenarnya sangat ingin ikut serta dan ambil bagian dalam kegiatan ini, namun karena usia, berat serta ukuran badan yang sudah tidak bisa diajak kompromi ya harus tahu diri” begitu canda Djulistyo yang disambut dengan gelak tawa oleh rombongan Tim Pendaki Gunung BKD.

Rombongan tiba di Selo pada pukul 18.30 WIB, dan istirahat sejenak di rumah Bapak Woyo, Beliau ini nantinya akan menjadi guide (pemandu) untuk menuju Puncak Merapi. Setelah istirahat sejenak, pada pukul 23.00 WIB Tim bergerak menuju Puncak Merapi. Sebelum berangkat dengan dipimpin oleh Sunaryo rombongan terlebih dahulu berdoa, memohon kepada Alloh SWT agar diberi kekuatan dan keselamatan dalam perjalanan kali ini. Pada pukul 00.30 rombongan istirahat sejenak di gapura menuju Pos 1 untuk melepas lelah. Rombongan sempat bertemu dengan pendaki lain yang kembali sebelum sampai Puncak Merapi, yang dikarenakan terjadi badai di Pasar Bubrah, hal ini sempat membuat nyali kami ciut, namun dengan dorongan motivasi dari pimpinan rombongan maka rombongan tetap melanjutkan perjalanan.

Pukul 02.30 WIB Tim Pendaki BKD sampai di Pos 1. Sampai di sini guide yang memandu perjalanan ini mengajak untuk istirahat sejenak dan ternyata pak Woyo telah membawa bekal kopi. Di tengah udara yang dingin secangkir kopi ternyata begitu nikmat dan mampu mengembalikan stamina personil Tim yang sebagian besar terdiri dari orang-orang tua ini menjadi fit kembali. Sempat terjadi peristiwa unit di Pos 1 ini, kami yang mayoritas merasa kedinginan dengan mengenakan baju hangat, lengkap dengan pelindung kepala yang tebal, sempat berpapasan dengan rombongan pendaki lain yang terdiri dari turis asing berjumlah 3 orang dan hanya mengenakan kaos lengan pendek dengan santainya melalui rombongan kami. Tim membatin dalam hati “opo yo ora kademen alias gigilen wong iki” bahkan salah satu anggota tim, Sangadi dengan sok akrab dengan bahasa Inggris menyapa “hai mister? Not feeling cool to? Katanya sok akrab, tetapi hanya dibalas dengan senyuman dan rombongan bule tersebut  terus melanjutkan perjalanan. Mngkin saja rombongan tersebut berasal sari negara Eropa yang sudah terbiasa dengan cuaca bersalju begitu Tim Pendaki  menyimpulkan.

Pukul 03.15 WIB Tim Pendaki BKD sampai di Pos 2, menurut pak Woyo selaku guide lebih baik kita istirahat karena waktu masih dirasa cukup untuk melihat sunrise di Puncak Merapi. Ditengah dinginnya udara Merapi, Kami berusaha untuk memejamkan mata sejenak. Tepat setelah sholat subuh, pukul 04.30 WIB Tim berangkat menuju Pasar Bubrah. Tepat pukul setengah 6, Tim sampai di Pasar Bubrah.

Dari Pasar Bubrah, Puncak Merapi kelihatan sangat jelas sekali. Namun ternyata disinilah tantangan pendakian yang sebenarnya. Tim Pendaki BKD harus merangkak untuk menuju Pencak Merapi, yang menurut pak Woyo berjarak sekitar 300 s/d 400 meter. Kami harus memilih pijakan batu yang keras agar tidak terjatuh. Banyak kejadian karena kekurang hatihatian dari pendaki lain tak jarang terjadi batu yang jatuh dan membahayakan pendaki dibawahnya. Akhirnya tepat pukul 07.00 WIB dengan diiringi gema takbir dan sujud syukur kami sampai di Puncak Merapi, tak lupa kami  mengabadikan peristiwa ini dengan kamera yang sudah Tim persiapkan. Dengan latar belakang Kawah Merapi banner selamat Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo ke 62 yang sudah dibawa Tim Pendaki Gunung BKD dibentangkan di Puncak Merapi.

Setelah beberapa saat di Puncak Merapi Tim Pendaki Gunung BKD, turun gunung dan tiba dengan selamat di Basecamp New Selo pukul 13.30. Selamat kepada Tim Pendaki Gunung BKD. Kab. Kulon Progo yang terdiri dari Bapak Sunaryo, Agus Supriyanta, Alif Romdhoni, Wahyu SA dan Sangadi.

SELAMAT HARI JADI KE 62 KABUPATEN KULON PROGO

The Jewel Of Java

From:

PENDAKI GUNUNG BKD KAB. KULON PROGO