Tes Kesehatan Dan Kesamaptaan Penerimaan Calon IPDN 2013

Terkait dengan telah diumumkannya Calon Praja yang dinyatakan Lulus Tes Psikologi dan Tes Integritas dan Kejujuran pada Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri Tahun Ajaran 2013/2014, melalui Pengumuman Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 892/00543 tanggal 13 September 2013, Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kulon Progo telah menindaklanjuti dengan Pengumuman Nomor 810/0966.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Pengadaan, Sri Agung. "Terkait kelulusan ujian psikologi, kami sudah menindaklanjuti dengan pengumuman, dan menghubungi yang bersangkutan untuk dapat melihat di papan pengumuman BKD maupun di website," ungkapnya. Lebih lanjut, Sri Agung menjelaskan bahwa tahapan selanjutnya dalam proses penerimaan Calon Praja ini adalah Tes Kesehatan dan Tes Kesamaptaan. Tes Kesehatan akan dibagi menjadi 3 Gelombang dimulai pada Hari Rabu,18 September 2013 dampai dengan Jumat, 20 September 2013, pukul 07.00 WIB bertempat di Rumah Sakit DKT Jl. Juwadi 19 Kotabaru Yogyakarta.

Adapun ketentuan Tes Kesehatan diantaranya :

  1. Calon Peserta Tes Kesehatan wajib puasa pada malam sebelum menjalani Tes Kesehatan mulai pukul 22.00 WIB.
  2. Pakaian Putra : Celana pendek putih, kaos tidak berkrah lengan pendek putih, dan mengenakan sepatu olah raga. Putri : Celana pendek putih, kaos tidak berkrah lengan pendek putih, dan mengenakan sepatu olah raga. Bagi peserta putri berjilbab wajib mengikuti aturan tersebut.
  3. Biaya pemeriksaan kesehatan sebesar Rp 700.000,- dibayarkan di tempat tes sebelum mengikuti kegiatan tes.
  4. Sehari sebelumnya peserta diharapkan dapat beristirahat dengan cukup, makan minum yang sehat/tidak minum doping, membawa makanan minuman untuk buka setelah pengambilan sampel darah dan urine, serta membawa makan siang.

Sementara itu untuk Tes Kesamaptaan akan dibagi menjadi 3 Gelombang dimulai pada hari Kamis, 19 September 2013 sampai dengan Sabtu, 21 September 2013 Pukul 07.00 WIB di Lapangan Kompi Kavaleri Demak Ijo. Beberapa ketentuan Tes Kesemaptaan diantaranya :

  1. Pakaian Putra : Celana pendek putih, kaos tidak berkrah lengan pendek putih, dan mengenakan sepatu olah raga. Putri : Celana pendek putih, kaos tidak berkrah lengan pendek putih, mengenakan sepatu olah raga, serta membawa pakaian renang untuk Tes Postur. Bagi peserta putri berjilbab wajib mengikuti aturan tersebut.
  2. Biaya pemeriksaan kesehatan sebesar Rp 75.000,- dibayarkan di tempat tes sebelum mengikuti kegiatan tes.
  3. Peserta tes dianjurkan untuk makan pagi dan tidak minum doping.

Hal-hal lebih lanjut yang belum jelas dapat ditanyakan ke Sub Bidang Perencanaan dan Pengadaan, Badan Kepegawaian Daerah, pungkas Sri Agung.

Foto Ilustrasi : Google.co.id