BKD English Day And BKD English Club

Sebagai salah satu bagian dari pengembangan kompetensi bagi Pegawai yang ada, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kulon Progo melaksanakan BKD English Day dan BKD English Club pada setiap Hari Kamis. Maka tak heran kalau sebagai pengingat, setiap Kamis di setap sudut ruangan BKD terdapat tulisan Kamis, English Day, Hari Berbahasa Inggris, Dont Forget, Thursday is English Day.

Tri Omi Handayani, SIP salah satu penggagas dan kegiatan ini menjelaskan bahwa BKD English Day telah dirintis dan dimulai sejak 2007 lalu. Namun karena satu dan lain hal salah satunya kesibukan dari pegawai yang ada maka seringkali kegiatan yang dilaksanakan setiap Hari Kamis setelah Shalat Luhur ini seringkali tidak rutin. "BKD English Club sudah ada sejak 2007, namun kegiatannya terkadang tidak rutin karena kesibukan", jelas Omik, sapaan akrabnya. Lebih lanjut ibu dari Kinan ini menambahkan bahwa BKD English Day artinya semua karyawan BKD diwajibkan berbahasa inggris setiap hari Kamis.

Selain English Day, BKD mengadakan pelatihan English Club yang secara rutin dilaksanakan setiap minggunya. BKD English Club dilaksanakan setiap Kamis jam 1 siang di ruang rapat BKD. Adapun materinya terakumulasi dalam modul pembelajaran meliputi penyampaian materi conversation, tenses, listening, game. Adapun tujuan dilaksanakannya BKD English Day dan BKD English Club adalah untuk menciptakan iklim yang kondusif untuk belajar berbahasa Inggris, baik melalui conversation informal maupun penyampaian materi. Bahasa Inggris sering dianggap sulit padahal sebenarnya yang perlu dilakukan hanyalah membiasakan diri menggunakannya dan memaksa diri untuk bisa dan percaya diri.

Pembelajaran terakhir dari BKD English Club sendiri dilaksanakan pada 2 Mei 2013 dengan mengambil tema untuk bulan ini yaitu Cross-Cultural Understanding. "Bagi Pegawai Negeri Sipil diluar BKD yang berminat mengikuti kegiatan ini, dapat langsung hadir pada setiap Hari Kamis", jelas Omik