Forum Pembelajar, Media Sharing PNS

Belajar tak mengenal waktu dan usia. Ungkapan tersebut sangat tepat dan dirasakan semakin perlu terlebih di tengah arus perubahan yang semakin deras. Di lingkungan Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kulon Progo, kebutuhan akan belajar ini menguatkan tekad beberapa pegawai untuk membentuk sebuah forum pembelajar, di mana para pegawai saling bertukar informasi dan pengalaman baik secara umum maupun spesifik di bidang kepegawaian. Forum ini bersifat informal dan sukarela, sehingga dasar keikutsertaan peserta diharapkan murni karena kebutuhan dan rasa ingin tahu sehingga materi yang disampaikanpun akan terserap lebih optimal.

Bermula dari setelah sekian lama forum manusia pembelajar atau yang lebih dikenal dengan istilah formula vakum kurang lebih 8 tahun. Forum ini dulunya merupakan program kegiatan di BKD yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD) tugas belajar dengan biaya dari APBD untuk saling bertukar informasi serta sharing pengalaman yang mereka peroleh selama melaksanakan tugas belajar. Akan tetapi karena beberapa hal forum ini akhirnya terhenti tanpa ada kelanjutannya, dan baru digagas kembali pada April 2013 ini dengan nama Forum Pembelajar.

Hal ini disampaikan oleh Pratiwi Ngasaratun, salah satu penggagas forum. Pratiwi mengemukakan alasan mengapa forum ini dicoba untuk dihidupkan kembali. "Setelah sekian lama vakum, saat ini kita berusaha menghidupkan kembali forum ini," ungkapnya. Pratiwi menjelaskan bahwa forum ini sangat bermanfaat bagi para PNSD muda yang ingin mengembangkan potensi dirinya tidak hanya yang berkaitan dengan tugas pekerjaannya tetapi juga dapat mengembangkan potensi yang lain seperti meningkatkan rasa percaya diri, melatih kemampuan presentasi dan dapat digunakan sebagai ajang belajar antara sesama pegawai. Forum ini serupa sebenarnya pernah dilaksanakan beberapa tahun yang lalu, namun entah apa sebabnya mandeg tanpa diketahui kelanjutannya. Perempuan yang juga Kepala Sub Bidang Kepangkatan pada Badan Kepegawaian Daeerah, ini menambahkan bahwa forum ini juga dapat digunakan untuk berbagi pengalaman dan mengetahui bagaimana pelaksanaan tugas di tempat lain.

Bertempat di ruang rapat BKD, Hari Jum’at, 19 April 2013 pukul 13.00 menjadi momen perdana digelarnya Forum Pembelajar BKD. Hadir sebagai fasilitator adalah Khamdan Syakiri, S.Psi yang saat ini menjabat sebagai Kasubbid Pengembangan Karir BKD, dengan topik Experiental Learning (Belajar dari Pengalaman). Secara garis besar, experiental learning dapat dimaknai sebagai menggunakan pengalaman yan telah dimiliki untuk dapat mengambil hikmah dari pengalamannya itu sehingga dapat–melihat dari sudut pandang lain dan melakukan dekonstruksi dan pada akhirnya membuat perubahan pada realitas diri. Sederhananya, apapun pengalaman yang diperoleh dari kehidupan sehari-hari dapat dipergunakan untuk memperkaya proses belajar, sehingga pada gilirannya bermanfaat untuk menambah koleksi informasi guna pengambilan keputusan dalam bidang pekerjaan maupun kehidupan pada umumnya.

Dengan gaya penyampaian yang komunikatif dan disertai beberapa games ice breaking dan humor yang segar tanpa terasa waktu telah beranjak sore. Diakhir acara fasilitator menyampaikan pesan bahwa materi yang disampaikan tidak akan banyak membawa perubahan kalau tidak dipraktekkan. Untuk itu diharapkan forum ini dapat digunakan secara bergantian oleh para peserta untuk dapat merasakan pengalaman baru bagaimana rasanya menjadi fasilitator/narasumber dan menyampaikan materi atau pengetahuan yang dimilikinya kepada peserta lainnya.

Khamdan Syakiri, yang juga merupakan penggagas forum in saat ditemui admin web selepas kegiatan tersebut, berharap bahwa forum ini akan dapat mendukung BKD sebagai organisasi pembelajar. Organisasi pembelajar adalah suatu organisasi yang terus menerus memperluas kapasitas menciptakan hasil yang sungguh-sungguh mereka inginkan, dimana pola berpikir baru dan ekspansif ditumbuhkan, dimana aspirasi kolektif dibiarkan bebas, dan dimana orang terus menerus berupaya belajar bersama. (Senge, 1996). Lebih lanjut ayah dari Raihan ini menambahkan bahwa dengan menjadi organisasi pembelajar diharapkan BKD dapat mempunyai kemampuan, lebih siap mengantisipasi & menyesuaikan pada pengaruh lingkungan, mempercepat pelayanan, proses dan hasil karya baru dan belajar dari kesalahan secara lebih efektif yang  pada akhirnya akan mendorong perbaikan pada organisasi.

Forum pembelajar ini direncanakan akan diadakan dua kali dalam sebulan, setiap Hari Jum’at Pukul 13.00 s/d selesai bertempat di Ruang Rapat BKD, berselang dengan kegiatan BKD English Club. "Untuk sementara peserta masih terbatas pada PNS di lingkup Badan Kepegaaian Daerah," kata Khamdan. Namun tidak menutup kemungkinan bagi PNSD di Satuan Kerja Perangkap Daerah (SKPD) lain yang berminat untuk dapat mengikutinya. (RAK)

Foto : Google.co.id