TIDAK BUKA LOWONGAN CPNS

 

WATES (KR) -  Pemkab Kulon Progo tahun 2010 ini tidak membuka pendaftaran lowongan formasi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) umum. Ini merupakan keputusan bupati yang didukung DPRD dengan alasan pertimbangan anggaran Pemkab tidak mampu untuk membayar gaji. Dana Alokasi Umum (DAU) yang ada sekarang untuk gaji pegawai tidak cukup. Belum lagi adanya wacana dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidato kenegaraan yang lalu akan menaikkan gaji PNS sebesar 10 persen untuk tahun mendatang.

Kabid Perencanaan dan Pengembangan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kulon Progo Sudarmanto, SIP, M.Si. mengatakan, dengan pertimbangan anggaran dan lainnya, Pemkab tahun ini tidak melakukan rekrutmen untuk CPNS umum, meski Pemkab Kulon Progo diberikan plafon oleh pemerintah pusat. “ Yang dilakukan oleh Pemkab hanya mengangkat tenaga honorer kategori I maupun II namun juga masih menunggu turunnya peraturan pemerintah “ kata Darmanto, belum lama ini. 

Ditambahkan, untuk mengatasi peraturan pegawai di unit-unit kerja upaya yang dilakukan BKD dengan mengoptimalkan tenaga-tenaga yang ada, sedangkan khusus tenaga guru meski berdasarkan pendataan terdapat kekurangan untuk guru SD 74 orang serta guru pada mata pelajaran TI, sementara kelebihan untuk guru IPS maupun IPA. 

 

Sumber : Kedaulatan Rakyat, 14 September 2010